Premium Viral MagnetPremium List MagnetSolo Stream Wordpress ThemesElegent Themes Wordpress Premium TemplatesWooCommerce ThemesWordpress Themes TermurahPasang Iklan Murah

Tips Menghindari Penipuan Dalam Membeli Produk di Internet

By ,03/03/2011 17:00
Jumlah Pembaca :25834

Dengan semakin banyaknya penipuan yang terjadi di dunia maya untuk kasus transaksi jual beli barang, maka kini tidak dapat di hindari lagi suatu stigma negatif telah diberikan oleh sebagian orang terhadap sistem jual beli & perdagangan di dunia maya maupun kepada para pebisnis online. Memang tidak dapat dipungkiri, bahwa tidak semua sistem jual beli di Internet itu benar-benar bebas dari penipuan. Ada saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan di Internet dengan memakai cara-cara penipuan yang akhirnya dapat menimbulkan ketakutan dan ketidak percayaan terhadap sistem perdagangan di Internet.

Lewat postingan kali ini, saya akan membagikan tentang tips atau cara-cara berbelanja di dunia maya kepada anda yang tidak ingin kecolongan (tertipu) dalam melakukan transaksi jual beli barang di Internet.  Ternyata memang berbelanja di internet itu perlu memiliki pemahaman yang cukup supaya bisa terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang memang memiliki tujuan untuk menipu banyak orang.

Silahkan anda perhatikan Tips & Trik belanja di Internet dibawah ini, agar Anda bisa berbelanja dengan aman dan nyaman:

Harga Super Miring, Patut di Curigai

Jika ada yang menjual barang dengan harga sangat jauh dari harga aslinya, maka sebaiknya anda jangan beli barang tersebut. Ada kemungkinan mereka adalah penipu atau kalau tidak mereka menjual barang yang sudah pasti tidak sama dengan yang aslinya.

Usahakan Penjualnya Berada Dalam 1 Domisili Dengan Anda

Kalau bisa usahakan beli dari pihak yang berdomisili satu daerah/ kota dengan anda?…Untuk saat ini saya percaya bahwa setiap produk yang anda butuhkan pasti sudah ada penjualnya di daerah yang memiliki domisili yang sama dengan anda. Kecuali jika anda memang tinggal didaerah yang jauh dari pusat perdagangan, contohnya: pedalaman, pedesaan dan daerah tertinggal? …

Usahakan Anda Punya Kenalan Yang Satu Kota Dengan Penjual

Seandainya memang Anda harus membeli produk maupun memakai jasa yang ada di luar daerah Anda, maka yang perlu dipastikan adalah Anda harus memiliki kenalan yang berdomisili satu kota dengan pihak tersebut? Sebenarnya hal itu dilakukan untuk meminimalkan resiko yang dapat merugikan diri Anda sendiri.

Lakukan Pembayaran Dengan Cara COD atau CnC

Jika anda satu kota dengan penjual, maka ajaklah bertransaksi dengan menggunakan cara COD (Cash On Delivery) atau CnC (Cash and Carry). Jikai si penjual menolak untuk bertemu anda secara langsung untuk bertransaksi dengan cara COD (Cash On Delivery) atau CnC (Cash and Carry), maka ada baiknya untuk anda mulai waspada, jangan-jangan dia punya itikad yang tidak baik terhadap anda.

Hati-Hati Terhadap Desakan Untuk Segera Melakukan Pembayaran

Jika si penjual mendesak anda untuk segera melakukan pembayaran dengan berbagai macam alasan, maka anda harus waspada. Alasan yang sering digunakan oleh mereka biasanya adalah dengan cara berpura-pura mengaku butuh uang, dsb.

Belilah di Tempat Yang Pernah di Beli oleh Orang Yang Anda Kenal

Jika anda suatu butuh barang lebih baik tanyalah kepada orang-orang yang anda kenal (bukan orang-orang yang baru anda kenal?… ) tapi yang pernah melakukan order di tempat tersebut. Biasanya kemungkinan untuk tertipu sangat kecil sekali (walaupun tetap bisa tertipu)

Usahakan si Penjual memiliki Website (Toko Online)

Walaupun tidak semua, tanpa berniat untuk mencurigai, sepertinya kredibiltas seorang penjual, pedagang maupun pebisnis perlu diragukan jika tidak memiliki website yang dapat digunakan untuk membuktikan bahwa mereka benar-benar dapat di percaya. Maaf, sekarang ini “banyak” (tidak semua) pedagang khususnya yang membuka lapak di Facebook, KasKus maupun Forum-Forum Jual Beli yang menipu pembeli justru tidak memiliki Website.

Perhatikan Berapa Lama Bergabungnya, Reputasinya, dan Testimonialnya

Walau tidak mutlak, tidak ada salahnya jika anda juga turut memperhatikan point ini. Perhatikan berapa lama dia bergabung dalam menjajakan produknya di situs jejaring seperti Facebook, Twitter maupun di forum-forum jual beli semacam KasKus? Semakin lama dia bergabung, semakin banyak yang membeli produknya dan semakin banyak yang memberi testimoni yang positif maka sepertinya semakin layak untuk dia dipercayai reputasinya. Jika dia sudah lama bergabung tetapi sedikit yang memberi testimoni kepadanya, maka ada kemungkinan dia memiliki layanan ataupun produk yang buruk.

Gunakan Jasa Pihak Ketiga Yang Terpercaya

Jika nilai transaksi sangat besar, lebih baik gunakan jasa pihak ketiga, macam Rekening Bersama. Memang anda akan dikenai fee, tetapi ini lebih baik daripada uang yang anda kumpulkan dengan susah payah, hilang sia-sia.. Waspadai jika dia menolak menggunakan Jasa pihak ketiga/rekening bersama. Sebaiknya Anda minta rekomendasi dari orang-orang yang sudah terbiasa melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan jasa pihak ketiga yang ada di forum-forum jual beli seperti forum jual beli yang ada di KasKus. Usahakan jangan sampai Anda tergiur dengan tawaran fee yang sangat rendah!

Sekian dulu info dari saya. Jika ada tambahan poin dalam tips ini silahkan sampaikan lewat kolom komentar di bawah ini?…Semoga Anda tidak menjadi korban penipuan yang kesekian kalinya…

Salam sukses !!…

Title Post: Tips Menghindari Penipuan Dalam Membeli Produk di Internet
Review Post: Aru Martino on
Scor Rating: 5

Apakah anda ingin mendapatkan update artikel terbaru dari Aru Martino (dot) Com lebih dahulu dari pada yang lain? Silahkan anda daftar di feed arumartino.com.

Bagi anda yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan 4 langkah mudah sambil langsung praktek, maka saya sarankan anda untuk belajar di sini.

31 Responses to “Tips Menghindari Penipuan Dalam Membeli Produk di Internet”

  1. Subarashii says:

    Thanks BOS buat Tips dan Trick nya ya…..
    Semoga bermanfaat buat aku dan teman” yg lain yg berkunjung ke sini… thanks buanget !

  2. Agun says:

    Bang kalo udah tertipu gimana? memang tidak terlalu besar cuma 300rb tp bagi sya mahasiswa jumlah segitu ya memang besar

    • Aru Martino says:

      Thanks utk kunjungannya & salam kenal dari saya :)

      Menurut saya ya di selesaikan sesuai dg aturan yg ada tapi kalo gk bisa terselesaikan ya terpaksa direlakan aja sih? :(

      Yg penting kedepannya mesti lebih hati2 lagi aja kalo melakukan transaksi secara online? :)

  3. Deny Rasta says:

    thanks Tipsnya mas bro

  4. Deny Rasta says:

    bos sy mau nanya sesuatu , ,

  5. semoga artikel mas aru menjadi pelajaran bagi kita semua.ayo kita perangi hal2 yg membawa nama buruk bagi dunia bisnis internet.(he3 mentang2 pebisnis online)

  6. katon pranata says:

    kalo yg jual itu dari luar negeri, ada gak tips khususnya?
    mohon di jawab :D
    terima kasih

    • Aru Martino says:

      Produk apa dulu nih? Kalo produk bisnis online lebih baik tanya2 aja di group2 ato forum2 bisnis online supaya dpt informasi ttg pemilik produk & produk tsb. Kalo produk lain ya lebih baik beli lewat online store ternama seperti amazon, clickbank & ebay aja…tp tetep mesti cari informasi lwt internet biar gak salah beli :D

  7. Tri noviansyah says:

    klo orang yang ga punya website tapi dia mengiklankan produknya lewat website lain atau dia mengiklankannya lewat blognya sendiri kira2 bisa dipercaya ga, mohon jawabannya,terima kasih.

  8. Twitter
    Kendalanya, bagi penjual baru,, bagaimana dia bisa buktikan kalau dirinya terpercaya kalau masih dikit yang bisa kasih testimoni,, padahal jualan dia sudah terpercaya di dunia offline,,

    Harus gimana agar bisa dikatakan sebagai ‘penjual terpercya’?

    • Aru Martino says:

      Thanks buat kunjungannya? :D

      Menurut saya selain testimoni ada hal lain koq jika memang ingin membangun kepercayaan pelanggan, salah satunya adalah data yg transparan & adanya kontak person yg jelas di situs tsb…

      Salam kenal :)

  9. Yasin says:

    Mau tanya yang dimaksud ‘rekening bersama’ itu gimana Bapak? sangat menarik sekali tulisan Bapak, terima kasih sebelumnya!

    • Aru Martino says:

      Rekening bersama itu sebuah layanan yg memfasilitasi suatu transaksi antara si A dengan B yg didirikan bukan oleh lembaga keuangan atopun lembaga pemerintahan tetapi oleh orang2 yg menggeluti dunia Bisnis Online…

      Cari aja jasanya di google pasti ada koq? Tp saran saya lebih baik berhati-hatilah dlm menggunakan layanan tsb krn tdk semua layanan rekening bersama bisa di percaya :)

  10. Syamsul Alam says:

    Thanks buat bro Aru Martino yang sudah bikin artikel tentang tips menghindari penipuan di internet ini. Memang sekarang ini kalau tidak berhati-hati dan waspada membeli produk dan nge-check pembelinya secara aktif, bisa sering kena penipuan. Apalagi jika belanja di kaskus dan tokobagus.

    Kebetulan saya juga baru saja membuat artikel dengan topik yang kurang lebih senada: Cara Menghindari Penipuan Bisnis di Internet.

    Semoga bermanfaat untuk pembaca blog ini yang (mungkin) tertarik membaca lebih jauh tentang topik ini.

    Salam kenal bro Aru Martino. Dari Alam di Sidoarjo!

    • Aru Martino says:

      Thanks buat kunjungan & komentarnya? :)

      Semoga bisnis ecommerce tdk tercemar krn tindakan sekelompok org yang sering melakukan kejahatan di dunia mya ;)

      Salam kenal dari saya :D

  11. tanning beds says:

    Browsing around…

    I love to search on the web, regularly I will just go to Upon and follow thru….

  12. Muhamad says:

    Twitter
    sippp…thankssss….tapi emang terbukti..saya udah buktikan kalo emang point-point diatas terbukti..misalnya: harga yang jauh (miring) dari harga resminya….pasti PENIPU…thank ya infonya bang…semoga bermanfaat untuk temen2 yang lain….

  13. usaharumahan says:

    Terimakasih untuk infonya eank sanagt bermanfaat

  14. tutorial membuat website says:

    makasih ya gan atas infonya.. saya jadi bisa lebih hati2 dlm membeli barang lewat online yar ga menyesal di kemudian hari.. salam kenal..

  15. Reta says:

    mau tanya untuk Tokoone penipu bukan soalnya sya udh trf uang tp ga da kejelasan smp skrg ga bs dihub jg no yg dksh..thanx

    • indah says:

      menjawab mbak reta, setau saya tokoone bukam penipu mbak, saya berjualan disana uang turun ke penjual lancar2 saja
      mbak sudah coba kontak ke adminnya belum?atau konfirmasi setelah membayar?

      • Khasan says:

        Mbak Indah, mungkin mbak reta sama dengan saya. Saya beli baju, tapi yang saya inginkan ternyata info dari moderator sudah habis dan bisa refund uang yang sudah ditransfer. Tapi maaf, saya di puter-puter dengan menanyakan data rekening.

        Ini sedikit share dari saya, kepada semuanya, hati-hati saja untuk belanja OL, yang jelas penjual tidak akan mengembalikan uang pembeli begitu saja jika barangnya tidak sesuai / tidak ada. Alias uang yang sudah ditransfer bisa susah baliknya.

  16. Maria21 says:

    aku pernah ketipu 350 lbh. Di fb lihat tas sama baju murah dan bagus. Tertarik deh, lalu mulailah transaksi dan udah di tunggu 3 hari brngnya blm datang. Usut punya usut ini penipuan. Bahkan n0 hpnya diluar jangkauan terus, fbnya off setiap hari aku coba hubungi hasilnya nihil. Sedih bgt, uang yg dikumpulin susah ludes. Smg gak terulang di hdpku dan tmn2 semua. Thanks

  17. Maria21 says:

    aku pernah ketipu 350rb. Aku buka olshop lht baju sama tas bagus dan murah. Jadi deh transaksi. Nunggu 3 hari nggak dtng, aku telpon nonya udah gak aktif, fbnya juga off, ternyata penipuan. Sedih banget, susah payah ngumpulin uang malah ludes dalam sekejap. Ah, sedih bgt. Smg ini gak terjadi lg di hdpku dan tmn2 jg. Thanks

  18. aya says:

    Kak aku pesan barang sampai sekarang blm sampai.q udh transfer uang ke no rekeningnya.dikasih resi tp aku cek keterangan yd ada data tidak ditemukan.gimana ya ini?q pesan tgl 19 februari 2014.

  19. Lenard says:

    It is the best time to make some plans for the future and it is time to be happy.
    I’ve read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or suggestions.

    Perhaps you could write next articles referring to this article.
    I desire to read more things about it!

Leave a Reply

Panorama Theme by Themocracy

Follow us on Facebookschliessen
oeffnen